Top Adsense

Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia, Apa Saja?

Banyaknya macam macam asuransi yang berkembang di Indonesia. Secara umum Asuransi dapat diartikan sebagai suatu upaya yang dilakukan seseorang (pemegang polis/tertanggung) untuk meminimalisir resiko.

Perlu diketahui bahwa asuransi merupakan suatu alternatif investasi yang cukup dalam meminimalisir risiko yang datang tak terduga. Dengan kata lain, semua hal yang lakukan tertanggung yang mengandung resiko pada dasarnya mendapatkan agunan diasuransikan.

Bagi masyarakat awam biasanya ketika mendengar istilah asuransi, maka yang ada dibenaknya pastilah terlintas mengenai setoran uang atau premi atau bahkan tentang kematian.

Sebetulnya bila dibedah lebih jauh, asuransi itu sendiri tidak semata berbicara asuransi kematian saja karena banyak sekali jenis-jenis asuransi yang ada di indonesia serta manfaatnya.

Apa itu Defenisi Asuransi
Merujuk dari Otoritas Jasa Keuangan, defenisi asuransi adalah suatu perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat sebagai pemegang polis. Dimana Pemegang polis  memiliki tanggung jawab untuk melakukan pembayaran sejumlah uang premi kepada pihak perusahaan asuransi sebagai jaminan resiko yang ditimbulkan terhadap tertanggung.

Premi adalah Sejumlah uang yang wajib dibayar oleh pemegang polis kepada badan berdasarkan ketentuan yang ditetapkan dalam polis dan menjadi syarat dipèrolehnya manfaat asuransi jiwa.

Sejalan perkembangan zaman Asuransi terbagi dalam berbagai jenis atau macam serta dikelompokkan sesuai dengan resiko dan manfaatnya.

Fokus dan resiko inilah yang menentukan ukuran keseragaman dalam resiko yang ditanggung sesuai jenis kebijakan. Hal ini akan digunakan perusahaan asuransi untuk mengantisipasi potensi kerugian serta menetapkan tingkat premi yang ditawarkan sesuai dengan jenis asuransi masing-masing.

Berikut jenis- jenis asuransi yang ada di Indonesia :

1. Asuransi Jiwa
Asuransi Jiwa di Indonesia
Asuransi Jiwa - Jenis Asuransi di Indonesia via pixabay.com

Asuransi ini biasanya lebih dikenal dengan asuransi yang memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya kepada ahli waris. Sistem pembayaran untuk jenis asuransi jiwa ini pun memiliki metodenya beragam apakah pembayarannya setiap triwulan, semeseter, tahunan atau pembayaran sekaligus (tunggal). Ada perusahaan asuransi yang dapat menyediakan pembayarannya setelah kematian dan ada pula yang dapat mengklaim dananya sebelum kematiannya.

Asuransi jiwa dapat dibeli untuk kepentingan diri sendiri dan atas nama tertanggung saja atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga.

Bahkan asuransi jiwa juga dikenal bisa dibeli pada kehidupan orang lain. Sebagai contoh seorang suami bisa membeli asuransi jiwa yang akan memberikan manfaat kepadanya setelah kematian sang istri, nah disini di dalam perjanjian terhadap badan (asuransi) disebut sebagai pemegang polis sementara istri disebut sebagai tertanggung.

2. Asuransi Kesehatan
Asuransi Kesehatan
Asuransi Kesehatan - Jenis Asuransi di Indonesia via www.healthmarkets.com

Jenis asuransi satu ini juga cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Asuransi ini dapat dikategorikan sebagai jenis asuransi yang paling mudah dan banyak ditemui di kalangan masyarakat.

Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang menangani masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit serta menanggung biaya proses perawatan. Umumnya, penyebab sakit tertanggung yang biayanya dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah cedera, cacat, sakit, hingga kematian karena kecelakaan.

Asuransi kesehatan biasanya diberikan oleh perusahaan atau instansi tempat seseorang bekarja. Contoh asuransi kesehatan yang dapat dipilih adalah asuransi rawat inap di rumah sakit dengan 2 macam jenis proteksi yakni proteksi dengan sistem kartu dan proteksi dengan sistem reimbursement.

Saat ini cukup banyak asuransi kesehatan yang sudah memberikan pelayanan asuransi kesehatan yang cukup baik sebut saja Prudential, AIA, Manulife, Allianz dan lainnya.

3. Asuransi Kendaraan
Asuransi Kendaraan di Indonesia
Asuransi Kendaraan - Jenis Asuransi di Indonesia via pixabay.com

Asuransi Kendaraan merupakan salah satu asuransi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Asuransi kendaraan yang paling populer di Indonesia adalah jenis asuransi kendaraan roda empat (mobil) yang fokus terhadap tanggungan cedera kepada orang lain atau terhadap kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh si tertanggung.

Biasanya mereka yang memiliki kendaraan dan sering menggunakan kendaraan tentu membutuhkan proteksi khusus, fokus dari mereka menggunakan dan membayar asuransi kendaraan ini adalah untuk memproteksi kendaraan yang dimilikinya apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan atau kerusakan dari kendaraan tersebut.

4. Asuransi Pendidikan
Asuransi Pendidikan - Jenis Asuransi di Indonesia via businessinsuranceassociates.com

Diantara macam macam asuransi diatas mungkin asuransi pendidikan bisa dikatakan asuransi yang paling banyak digunakan oleh para pemegang polis. Jenis asuransi ini akan memberikan perlindungan bagi pendidikan anak-anak namun asuransi jenis ini digabungkan dengan asuransi jiwa.

Setiap orang tua menginginkan masa depan yang cerah bagi anak-anak mereka, dan memberikan mereka awal yang lebih baik. Namun banyak orang tua kuatir bahwa melonjaknya biaya sekolah akan menempatkan pendidikan yang baik di luar jangkauan anak-anak mereka, dan kuatir akan masa depan anak-anaknya jika terjadi sesuatu terhadap mereka.

Baca: Ayo ikut Asuransi dan inilah Manfaat Asuransi Pendidikan

Dengan memiliki asuransi pendidikan artinya pemegang polis/tertanggung (orang tua) sudah mempersiapkan masa depan anak-anaknya yang lebih baik di masa depan. Setiap asuransi biasanya biaya preminya berbeda-beda sesuai dengan tingkatan pendidikan yang didapatkan nantinya.

5. Asuransi Bisnis
Auransi Bisnis di Indonesia
Asuransi Bisnis - Jenis Asuransi di Indonesia via www.kingprice.co.za

Jenis asuransi ini (business insurance) memberikan Anda perlindungan atas properti yang dimiliki suatu bisnis, misalnya gudang, pabrik, kantor, toko, atau malyang diakibatkan oleh kebakaran, ledakan, gempa bumi, petir, banjir, angin ribut, hujan, tabrakan, hingga kerusuhan.

Ada banyak jenis asuransi termasuk perlindungan untuk kerusakan properti, kewajiban hukum, dan risiko terkait karyawan. Paket properti bisnis yang ditawarkan biasanya disesuaikan dengan bentuk properti yang Anda miliki.

6. Asuransi Properti dan kepemilikan Rumah.
Asuransi Properti di Indonesia
Asuransi Properti-Rumah - Jenis Asuransi di Indonesia via pixabay.com

Asuransi properti atau property insurance merupakan asuransi yang cukup diminati untuk perlindungan rumah. Oleh sebab itu, asuransi ini biasanya disebut juga sebagai asuransi rumah. Namun tidak hanya itu, asuransi ini biasanya juga dimanfaatkan untuk melindungi properti-properti lain yang dianggap cukup berharga. Jenis asuransi ini biasanya memberikan proteksi terhadap bencana, seperti kebakaran, banjir dan gempa bumi.

7. Asuransi Umum
Asuransi Umum di Indonesia
Asuransi Umum - Jenis Asuransi di Indonesia via indiatimes.com

Asuransi umum adalah asuransi yang memberikan proteksi bagi resiko kerugian yang biasa diakibatkan oleh kehilangan tanggung jawab suatu hukum kepada pihak ketiga.

Asuransi umum dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis, diantaranya:

a) Social Insurance (Jaminan Sosial).
Jenis asuransi ini merupakan asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap orang atau penduduk dengan tujuan setiap orang memiliki jaminan hari tua. Pembayaran premi dilakukan secara paksa yang biasanya diambilkan dari potongan gaji seseorang setiap bulan.

b) Voluntary Insurance (Asuransi Sukarela).
Asuransi ini dijalankan dengan sukarela. Jenis asuransi sukarela masih bisa dibagi lagi ke dalam 2 klasifikasi yaitu Government Insurance dan Commercial Insurance. Government insurance merupakan asuransi yang dijalankan oleh pemerintah, sementara commercial insurance merupakan asuransi yang ditujukan untuk memberikan proteksi kepada seseorang atau keluarga serta perusahaan dari resiko yang mungkin muncul akibat unexpected events.

8. Asuransi Kredit
Asuransi Kredit di Indonesia
Asuransi Kredit - Jenis Asuransi di Indonesia via pixbay.com

Asuransi kredit merupakan jaminan pelindung dari kegagalan debitur untuk melunasi tuntas kredit atau biasanya sebuah pinjaman modal dalam kredit market, modal usaha, modal kerja. Asuransi ini cukup disarankan bagi Anda yang sering melakukan pembelian melalui kredit untuk menghindari kegagalan transaksi di masa depan.

Asuransi kredit ini bertujuan untuk melindungi bank atau lembaga keuangan lainnya dari kemungkinan tidak memperoleh kembali kredit yang dipinjamkan kepada nasabah dan membantu memberikan pengarahan serta keamanan perkreditan. Di Indonesia sendiri untuk Pengelola asuransi kredit saat ini dipercayakan pemerintah kepada PT. Asuransi Kredit Indonesia.

9. Asuransi Perjalanan
Asuransi Perjalanan di Indonesia
Asuransi Umum - Jenis Asuransi di Indonesia via travelchinacheaper.com

Bagi anda yang hoby dengan traveling atau bepergian jauh maka sudah barang tentu tidak asing dengan asuransi jenis ini (traveling insurance).

Manfaat dan perlindungan yang dapat diterima dari memiliki asuransi perjalanan yaitu mendapat penanggungan biaya kecelakaan yang menimpa pemilik premi, tanggungan biaya pengobatan, santunan kecelakaan dan kehilangan barang bawaan yang memiliki risiko hilang atau rusak.

Asuransi perjalanan ini sebenarnya manfaatnya tidak jauh berbeda seperti asuransi pada umumnya yaitu memproteksi pemegang polis dengan jangka waktu sesuai (biasanya jangka waktu pendek) dengan premi selama pembeli premi melakukan perjalanan hingga kembali pulang.

10. Asuransi Kelautan
Asuransi Perkapalan di Indonesia
Asuransi Kelautan - Jenis Asuransi Di Indonesia via boatinsurancecompanies.net

Asuransi kelautan merupakan asuransi yang bekerja sama dengan pihak perkapalan karena asuransi ini melibatkan pengguna jasa kapal yang berhubungan dengan transport barang atau kargo.

Beberapa faktor yang mempengaruhi premi asuransi angkutan laut adalah barang yang diasuransikan, pengepakan barang, resiko yang diasuransikan, pengangkutan, dan perjalanan.

Jaminan akan diberikan atas resiko yang mungkin terjadi, seperti resiko kapal rusak, kerusakan kargo, kegagalan dalam pengiriman kargo dan masalah lain yang berhubungan dengan perkapalan ini.


Demikian artikel mengenai jenis-jenis asuransi di Indonesia yang bisa dijadikan rujukan untuk menentukan apabila dikemudian hari ingin mengikuti asuransi. Sebagai bantuan perlindungan, sudah barang tentu di beberapa jenis-jenis asuransi diatas perlu anda miliki baik untuk melindungi keluarga, kendaraan bahkan bisnis atau yang lainnya.
Loading...

0 Response to "Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia, Apa Saja?"

Post a Comment

UPDATED : Semua komentar dengan nama "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Subscribe our newsletter to stay updated