Top Adsense

RPP Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018

RPP Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2018

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses).

Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.

Komponen RPP:
1. Identitas mata pelajaran
Identitas mata pelajaran, meliputi: satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan.

2. Standar kompetensi
Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemam¬puan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.

3. Kompetensi dasar
Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran ter¬tentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompe¬tensi dalam suatu pelajaran.

4. Indikator pencapaian kompetensi
Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja opera¬sional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

5. Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

6. Materi ajar
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompe¬tensi.

7. Alokasi waktu
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan un¬tuk pencapaian KD dan beban belajar.

8. Metode pembelajaran
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembela¬jaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situ¬asi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Pendekatan pembelajaran tematik digunakan untuk peserta didik kelas 1 sampai kelas 3 SD/MI.

9. Kegiatan pembelajaran
a. Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan un¬tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

b. Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di¬lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang-kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

c. Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un¬tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan , balik dan tindak lanjut.

10. Penilaian hasil belajar
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kom¬petensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.

11. Sumber belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kom-petensi.

Download RPP Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018

Dibawah ini link download format lengkap Perangkat Pembelajaran RPP SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 Kelas 7, 8 dan 9 :

RPP Kelas VII SMP/MTs
Nama Pelajaran
Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Unduh
Perangkat Pembelajaran IPA Unduh
Perangkat Pembelajaran IPS Unduh
Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Uploading
Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Unduh
Perangkat Pembelajaran PJOK Unduh
Perangkat Pembelajaran Matematika Uploading
Perangkat Pembelajaran PKN Unduh
Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Unduh
Perangkat Pembelajaran Prakarya Unduh

RPP Kelas VIII SMP/MTs
Nama Pelajaran
Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Unduh
Perangkat Pembelajaran IPA Unduh
Perangkat Pembelajaran IPS Unduh
Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Unduh
Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Unduh
Perangkat Pembelajaran PJOK Unduh
Perangkat Pembelajaran Matematika Uploading
Perangkat Pembelajaran PKN Unduh
Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Uploading
Perangkat Pembelajaran Prakarya Unduh

RPP Kelas IX SMP/MTs
Nama Pelajaran
Perangkat Pembelajaran IPA Unduh
Perangkat Pembelajaran IPS Unduh
Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Unduh
Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Unduh
Perangkat Pembelajaran PJOK Unduh
Perangkat Pembelajaran Matematika Unduh
Perangkat Pembelajaran PKN Unduh
Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Unduh
Perangkat Pembelajaran Prakarya Unduh

Mengenai susunan Format RPP K13 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk SMP MTs ini silahkan Anda download melalui tautan di bawah ini:

Format RPP SMP/MTs K13 Revisi 2018 [Download]

Dan untuk melihat contoh Dokumen 1 Kurikulum 2013 SMP/MTs bisa diunduh pada tautan link berikut ini :

Cover Dokumen 1 - [Download]
Kata Pengantar dan Daftar Isi - [Download]
Lembar Pengesahan - [Download]
Bab I dan II - [Download]
Bab III dan Penutup - [Download]

Demikian, semoga bermanfaat!
Loading...

0 Response to "RPP Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Post a Comment

UPDATED : Semua komentar dengan nama "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Subscribe our newsletter to stay updated