Top Adsense

Langkah Cepat agar Pengajuan Pinjaman KTA Disetujui

Cara pinjam uang di bank tanpa jaminan dikenal dengan kredit tanpa agunan (KTA). Nasabah dapat menggunakan pinjaman tersebut untuk berbagai kebutuhan.



Terlihat mudah dalam mengajukan pinjaman KTA atau Kredit Tanpa Agunan ini dikarenakan calon peminjam tidak diwajibkan untuk menyertakan jaminan berupa aset. Namun demikian, tidak sedikit yang mengalami hal dimana calon peminjan dalam pengajuannya tidak disetujui pihak bank.

Nah, pada artikel kali ini kami sedikit berbagi tip bagaimana cara agar Pengajuan Pinjaman KTA cepat disetujui.

Kredit Tanpa Agunan yang Pasti disetujui

Seperti yang kami kutip dari sumber online www.cermati.com, dibawah ini 8 Langkah Jitu agar Pengajuan Pinjaman KTA Disetujui:

1. Pastikan Data-data Diisi dengan Akurat
Hal pertama yang perlu diperhatikan agar pengajuan pinjaman KTA cepat disetujui adalah keakuratan data yang diberikan. Pastikan semua data (mulai dari nama lengkap dan alamat rumah sesuai kartu identitas, data keluarga, hingga data pekerjaan) diisi dengan benar dan akurat, tanpa kesalahan sedikit pun.

Selain itu, beberapa informasi tambahan, seperti kontak kerabat tidak serumah juga harus diperhatikan lagi. Sebab, informasi tersebut termasuk data yang dianggap paling penting dalam verifikasi pengajuan pinjaman KTA.

2.Pastikan Nomor Kontak yang Dimasukkan Selalu Aktif Saat Proses Verifikasi
Selain nomor kamu, nomor telepon kerabat yang tak serumah dan telepon kantor akan sangat dibutuhkan ketika proses verifikasi. Untuk itu, pastikan nomor yang diberikan real dan aktif digunakan oleh pemiliknya.

3. Jawaban yang Sesuai Selama Proses Verifikasi Bank
Proses verifikasi pengajuan pinjaman KTA yang dilakukan oleh bank akan melibatkan sejumlah pihak. Selain calon peminjam, ada kerabat tak serumah dan pihak dari perusahaan yang akan dimintai keterangan.

Seharusnya pihak-pihak tersebut akan memberikan jawaban dan juga konfirmasi sesuai data yang telah dicantumkan dalam formulir pengajuan pinjaman. Mulai dari tempat bekerja dan alamat lengkapnya, lama bekerja, status karyawan, nominal gaji, termasuk status hubungan kekerabatan.

Jika ditemukan satu saja informasi yang tidak sesuai, pihak bank biasanya akan menjadwalkan untuk survei langsung. Hal tersebut tentu akan membuat proses permohonan KTA menjadi lebih panjang dan kemungkinan ditolak semakin tinggi.

4. Sesuaikan Nominal Cicilan per Bulan dengan Gaji
Setiap bank atau lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman KTA pasti memiliki standar masing-masing dalam memberikan syarat batas gaji minimal per bulan untuk calon nasabah. Secara umum, batas gaji minimal akan disesuaikan dengan UMR di setiap daerah atau kota setempat.

Gaji bulanan yang semakin tinggi melebihi batas minimum UMR yang disyaratkan menjadikan peluang pinjaman KTA disetujui semakin besar.

5. Riwayat Kredit
Apakah sebelumnya kamu pernah punya cicilan kredit? Coba ingat-ingat lagi apakah pembayarannya lancar atau tidak? Hal ini karena pihak bank akan melakukan pengecekan terkait riwayat kredit yang nantinya akan digunakan sebagai patokan untuk memberikan persetujuan terhadap pinjaman KTA atau tidak.

Di mana yang jadi penentunya adalah skor yang tercatat di BI Checking (sekarang SLIK OJK). Jika selama ini histori kreditmu terbilang aman, maka kemungkinan besar disetujuinya pinjaman KTA akan lebih tinggi.

6. Memiliki Kartu Kredit
Umumnya, sebagian besar lembaga perbankan yang memberikan pinjaman KTA mensyaratkan calon nasabah untuk memiliki kartu kredit. Hal ini karena pihak bank bisa lebih mudah melihat performa pembayaran cicilan atau tagihan kartu kredit tersebut.

Kelancaran pembayaran tersebut akan sangat berpengaruh terhadap persetujuan pinjaman KTA yang diajukan. Selain itu, lama penggunaan kartu kredit juga jadi bahan pertimbangan, setidaknya sudah berjalan minimal satu tahun.

Selain pembayaran yang lancar, limit kartu kredit juga cukup memengaruhi plafon pinjaman nantinya. Biasanya, bank pemberi pinjaman KTA bisa memberi pinjaman hingga lima kali lebih besar dari limit kartu kredit. Jadi, jika limit kartu kredit yang dimiliki saat ini sekitar Rp5 jutaan, maka kamu berpeluang memperoleh pinjaman KTA hingga Rp25 jutaan maksimal.

7. Tambahkan Rekening Koran
Jangan lupa untuk menyiapkan laporan keuangan pribadi dengan meminta salinan rekening koran di bank minimal tiga bulan terakhir. Catatan keuangan tersebut nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan pihak bank dalam membuat keputusan.

Kondisi keuangan yang stabil dengan saldo tabungan yang cukup juga dapat membantu proses pengajuan KTA.

8. Sertakan Juga NPWP
NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak bisa digunakan untuk melihat apakah seseorang taat pajak atau tidak. Ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan pihak bank untuk menyetujui pengajuan pinjaman KTA yang diajukan.

Nominal nilai pajak yang dibayarkan per tahun juga bisa menentukan besar kecilnya plafon pinjaman yang disetujui. Ada baiknya untuk memastikan agar tagihan pajak segera dilunasi, sebab ini juga turut memengaruhi keputusan bank dalam memberikan pinjaman.

0 Response to "Langkah Cepat agar Pengajuan Pinjaman KTA Disetujui"

Post a Comment

UPDATED : Semua komentar dengan nama "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Subscribe our newsletter to stay updated